Panduan Menggunakan Fitur Trading Otomatis di RHB Tradesmart ID

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi dan trading saham yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam berinvestasi. Agar tujuannya tersebut bisa tercapai, salah satu fitur unggulan yang dihadirkannya adalah fitur trading otomatis. Simak cara investasi saham dengan fitur trading otomatis RHB Tradesmart ID tersebut di bawah ini.

Apa Itu Sistem Trading Otomatis?

Sistem trading otomatis atau dikenal juga dengan istilah autotrading merujuk pada trading plan atau cara trading di mana order buy dan sell secara otomatis dieksekusi berdasarkan sistem atau program yang menjalankannya. Order tersebut dijalankan hanya saat kriteria atau kondisi untuk melakukan order tersebut sudah sesuai dengan yang diatur di program yang menjalankannya.

Berbeda dengan aktivitas trading yang dilakukan secara manual, trading otomatis sifatnya yang melibatkan pemograman yang kompleks. Dengan adanya autotrading ini, maka para investor bisa memanfaatkan peluang pasar secara real time. Alhasil, peluang yang sifatnya potensial di pasar saham tidak akan lagi terlewatkan begitu saja oleh para investor.

Salah satu daya tarik utama auto trading bagi para investor adalah tidak adanya campur tangan emosi saat melakukan trading. Pasalnya, jika trading dilakukan secara manual, akan ada banyak pertimbangan dari sisi emosi yang kerap muncul. Melalui autotrading ini, selama kriteria untuk buy atau sell sudah tercapai, maka transaksi jual beli akan langsung dilakukan.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan adanya autotrading, bukan berarti investor sepenuhnya melepas aktivitas trading atau investasi pada program komputer tersebut. Sebagai investor, Smart People memiliki tugas untuk memonitor atau mengawasi apakah program trading otomatis tersebut sudah beroperasi sesuai dengan harapan atau belum.

Tips Menggunakan Sistem Trading Otomatis

1.   Pilih Platform Trading yang Terpercaya dan Berpengalaman

Hal pertama yang harus Smart People lakukan jika ingin menggunakan auto trading adalah memilih platform trading yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Pilihlah platform trading yang memiliki track record yang bagus dalam mengeksekusi transaksi jual beli saham di platformnya, sekaligus yang memiliki fitur unggulan, serta punya interface yang mudah digunakan.

2.   Susun Strategi Trading yang Bagus

Meskipun menggunakan auto trading, strategi dan cara investasi saham yang Smart People terapkan menjadi penentu berhasil atau tidaknya trading yang dilakukan. Makanya, susunlah strategi trading yang matang terlebih dahulu. Dengan adanya strategi yang matang ini, maka Smart People akan mudah menetapkan kriteria eksekusi transaksi, seperti entry point dan exit point.

3.   Pantau Perdagangan dengan Rutin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, meskipun Smart People menggunakan auto trading, bukan berarti Smart People sama sekali tidak memantau bagaimana perkembangan trading saham yang dilakukan. Pantaulah secara rutin transaksi yang telah dilakukan untuk bisa mengetahui apa saja perubahan yang diperlukan. Dengan cara ini, maka risiko bisa diminimalisir dan imbal hasil bisa ditingkatkan.

4.   Gunakan Tool untuk Mengelola Risiko

Agar bisa menimimalisir risiko dari penggunaan sistem trading otomatis, Smart People bisa manfaatkan risk management tools. Penggunaan tool untuk mengelola risiko ini juga akan bisa melindungi investasi saham yang Smart People jalankan. Beberapa contoh tool untuk mengelola risiko tersebut seperti stop-loss orders, take-profit orders, dan trailing stops.

Trading Otomatis di RHB Tradesmart ID dengan Smart Order

Bagi Smart People yang ingin menggunakan sistem trading otomatis, aplikasi trading dan investasi saham RHB Tradesmart ID siap untuk mewujudkannya. RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur Smart Order yang memungkinkan Smart People untuk melakukan autotrading, sekaligus mengelola risiko dengan Trailing Stop Order.

Trading otomatis yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID adalah Price Conditional Order. Maknanya, Smart People bisa mengatur sistem untuk melakukan pemesan beli atau jual saham secara otomatis, saat saham menyentuh harga tertentu. Berikut adalah cara mengaktifkan auto trading dengan Price Conditional Order di RHB Tradesmart ID.

  1. Masukkan harga, lot, serta jumlah atau amount saham yang diinginkan pada laman Price Conditional Order.
  2. Centang GTC agar tidak terbaca sebagai order biasa di sistem yang berakhir pada hari trading yang sama, lalu masukkan tanggal berakhir order GTC.
  3. Pilih kondisi yang diinginkan dengan memasukkan target harga dan tanggal valid yang diinginkan.
  4. Klik ‘Submit Order’ untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan.

RHB Tradesmart ID juga menghadirkan tool Trailing Stop Order untuk membantu Smart People memangkas kerugian dan melanjutkan keuntungan yang didapatkan. Dengan menggunakan Trailing Stop Order, maka penjualan saham akan dilakukan saat harga turun, namun saat harga naik maka penjualan tidak akan dilakukan.

Bagi Smart People yang ingin memantau kinerja dari sistem auto trading yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID ini, maka Smart People bisa melihatnya di laman Advanced Order List. Pada laman Advanced Order List ini, akan bisa dilihat tindakan Price Conditional Order dan Trailing Stop Order yang telah dilakukan.

Autotrading atau sistem trading otomatis merupakan salah satu cara investasi saham yang memungkinkan pesanan jual atau beli saham dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan program komputer. Smart People bisa merasakan manfaat dari sistem auto trading saham ini dengan menggunakan fitur Smart Order yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID.

Bagaimana, sudah siap memulai trading dengan sistem otomatis? Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga, lalu gunakan fitur Smart Order-nya untuk mempermudah aktivitas trading Smart People.

Sumber:

Folger, Jean. 2021, Maret 04. Automated Trading Systems: The Pros and Cons. Investopedia. Diakses pada tanggal 16 Januari 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/trading/11/automated-trading-systems.asp

Mitchell, Cory. 2023, Juni 03. Autotrading: Meaning, Strategies, Pros And Cons. Investopedia. Diakses pada tanggal 16 Januari 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/a/autotrading.asp

Tim RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID Manual Book Mobile App. RHB Tradesmart. Diakses pada tanggal 16 Januari 2024 melalui https://rhbtradesmart.co.id/wp-content/uploads/2023/11/Manual_Book-mobile_4.0V202302041-new.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *