Rekomendasi Minuman Bayi untuk Semua Usia

Nutrisi tambahan untuk bayi yang sudah  mulai konsumsi MPASI, tidak hanya bisa didapatkan dari makanan namun juga  minuman. Perlu diperhatikan tidak semua jenis minuman bisa diberikan pada bayi yang sedang tumbuh. Pilih minuman dengan kandungan yang mendukung tumbuh kembang anak. Berikut ini minuman yang bisa dijadikan minuman bayi.

1.      Susu Formula

Susu formula dengan kandungan seperti vitamin, kalsium, protein dan juga fosfor sangat baik untuk menunjang pertumbuhan bayi. Pilih susu formula tanpa gula tambahan dan sesuaikan dengan kebutuhan bayi. Jangan berikan susu yang banyak mengandung gula karena dapat merusak pertumbuhan gigi serta dapat mengakibatkan kegemukan.

2. Jus

Jus bisa didapatkan dari buah serta sayuran yang kaya akan nutrisi. Pilih buah-buahan yang sudah manis agar tidak menambahkan gula tambahan. Hal ini karena gula dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2 hingga karies gigi. Meski baik, namun konsumsi jus buah juga tidak baik jika dikonsumsi lebih dari 1 gelas dalam satu hari.

3. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh serai, teh daun mint dan teh chamomile, boleh diberikan pada bayi sebagai alternatif minuman. Teh herbal tersebut tidak mengandung kafein sehingga ramah dikonsumsi bayi. Teh juga membantu mengatasi mual, gangguan pencernaan hingga menghilangkan kecemasan pada anak. Bisa diberikan saat anak rewel atau terbangun tiba-tiba di malam hari.

4. Air Kelapa

Air kelapa memang mengandung gula namun kadarnya masih bisa ditoleransi untuk pencernaan bayi. Banyak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya seperti kalium, magnesium, natrium hingga kalsium. Air kelapa bagus disajikan kepada anak yang sudah mulai aktif bergerak, belajar jalan dan tidak bisa diam untuk mengganti cairan elektrolit. Sangat dibutuhkan saat anak mengalami mual dan muntah ataupun diare yang menyebabkan banyak kehilangan cairan.

5. Minuman Probiotik

Minuman probiotik boleh diberikan kepada anak, namun tidak dianjurkan. Boleh jika digunakan untuk menambah ketahanan sistem imun anak. Usia minimal anak bisa minum minuman probiotik adalah 6 bulan ke atas. Minuman ini menjadi sangat dibutuhkan saat  anak sedang mengalami masalah pencernaan. Sistem di dalam tubuh yang paling banyak mempengaruhi pencernaan.

6. Susu UHT

Susu UHT siap minum hadir dengan berbagai rasa yang disukai anak-anak. Kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan anak. Usia minimal anak diperbolehkan minum susu UHT adalah 12 bulan. Sistem pencernaan pada anak usia 12 bulan sudah sempurna dan siap untuk mencerna susu sapi. Kandungan protein dan mineralnya tinggi dan sesuai untuk anak usia satu tahun.

Itulah berbagai minuman yang bisa dijadikan alternatif selain untuk anak usia 6 bulan hingga satu tahun. Minuman pendamping ASI sangat mudah ditemukan dan tersedia dengan harga terjangkau. Salah satunya di Orami, jual minuman bayi berbagai varian rasa dan harga untuk semua usia. Anda juga bisa beli peralatan bayi apapun yang dibutuhkan. Semua lengkap hanya di satu tempat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.